Alur Waktu Jazz
>> Sabtu, 27 September 2008
1890-1910 = blues berkembang di Missisipi-penyanyi solo dengan gitar dan sebuah “chip” di pundaknya.
1890an = ragtime dan band jazz awal. Tetapi kamu tidak dapat mendengar suara gitarnya.
1900an = ragtime dan blues memulai akar jazz. Gitar masih belum dominan.
1910an = jazz berawal dari new orleans...
1920an = ...dan jadi populer di seluruh daratan Amerika. Leadbelly, Eddy Lang, dan Lonnie Johnson adalah gertakan utamamu.
1930an = era swing. Big band tetap mempekerjakan pemain gitar. Mulai muncul penggunaan amplifier, gitaris mulai melakukan solo dengan lead dan riff yang harmonis. Django muncul. Awal karier bagi Charlie Christian yang sangat pendek.
1940an = akhir era swing dan awal bebop (Barney Kessel, Tal Farlow). Django masih bertahan. Gitar elektrik solid-body mulai bermunculan. Semua ingin terdengar seperti pemain saksofon.
1950an = munculnya hard bebop dan cool jazz. Django wafat. Gitar klasik digunakan untuk musik jazz (Laurindo Almeida, Charlie Byrd).
1960an = Wes Montgomery membesarkan musik jazz tetapi untuk beberapa saat jazz menempati tempat kedua sejak kelahiran rock dan fusion. Dimulainya kursus gitar jazz di Amerika. Fuzzbox mulai mengancam kaum konservatif dan memberi inspirasi pada generasi muda. Nama yang harus didengar : John McLaughlin dan Larry Coryell (fusion) atau George Benson yang terkenal hingga sekarang.
1970an = fusion berlanjut dan menjadi lebih jazzy. Mahavishnu Orchestra dibentuk, juga merupakan kiblat dari gitaris indonesia berbakat Dewa Budjana. Penggunaan fuzzbox mulai tidak terkendali. Semua orang ingin terdengar seperti pemain biola atau saxsofon. Bermunculannya kelompok gitar jazz akustik.
1980an = dekade para pencabik. Allan Holdsworth, Frank Gambale, Frank Zappa, dan Steve Vai, semua mengambil posisi yang berbeda di antara rock dan jazz. Di sisi lain, Pat Metheny, Bill Frisell, dan George Benson mempertahankan konsep melodius dan harmonis. Penggunaan gitar synth.
1990an = semuanya halal! Banyak yang kembali ke asal; John Scofield bermain akustik, begitu juga dengan Alan Holdsworth. McLaughlin kembali ke musik fusion india bersama “Remember Shakti”. Gitar synth mulai ditinggalkan oleh sebagian besar pemain.
→ Django Reinhardt 1910-1953
→ George Benson (1943)
→ Pat Metheny (1954)
→ John Scofield (1951)
→ Mahavishnu Orchestra
west montgomery
0 komentar:
Posting Komentar