Akord Substitusi
>> Minggu, 28 September 2008
kalau kamu melewatkan waktu bersama para pemain jazz, kamu akan mendengar mereka membicarakan 'subtitusi'. tenang saja, itu bukan berarti mereka akan meremehkanmu dan mencari pemain gitar yang lebih baik. istilah itu merujuk kepada praktik permainan satu akord sebagai ganti akord lain untuk menunjukkan akord ketiga.
so if, example, lembar akord menunjukkan akord Am (yang terdiri dari A,C, dan E) dan gitar memainkan C (C,E, dan G) akord yang dinyatakan (A,C,E dan G)adalah Am7. jelas tidak mudah untuk melakukannya dengan tepat dan cepat, jadi pada intinya saya akan memberikan beberapa contoh yang umum mengenai cara melakukannya.
empat contoh pertama menunjukkan substitusi akord I (satu), IV (empat), dan V (lima). pada kunci A, terdapat A,D, dan E. untuk mendapatkan kesan dan feel jazzy yang maksimal, semua akord dimainkan pada nada ketujuh atau kesembilan dalam contoh berikut. di bawah ini menunjukkan beberapa contoh kemungkinan substitusi pada kunci A
posisi 1 = nama akord A,Amaj7 -> disubstitusi dengan C#m7 untuk membentuk Amaj9 -> digunakan sebagai penghubung pada akord 1, atau kembali ke akord 1
posisi IV = nama akord D,Dmaj7 -> disubstitusi dengan F#m7 untuk membentuk Dmaj9 -> digunakan kapan pun kamu ingin memainkan akord IV (tidak seefektif dalam sekuens yang nge-blues)
posisi V7 = nama akord E7 -> disubstitusi dengan G#dim7 untuk membentuk E7(b9) -> digunakan setiap kali akord V menjadi nada ketujuh
1 komentar:
Kalo nggak salah artikel ini ada dalam buku "Menjadi Jazz Andal" karangan "joe Bennet" yang diterbitkan oleh "Gramedia".
Mungkin yang perlu dijelaskan lagi adalah maksud "Sekuens, saat akord V menjadi nada ke7...?"
Posting Komentar