'Freak'.. on Pop thoery!!
>> Rabu, 01 Oktober 2008
Harmoni mayor dan minor yang ada pada tangga nada diatonic bisa menjelaskan musik yang ada sekarang, terutama tipikal musik pop. Tetapi ada beberapa contoh didalam sebuah progresi kord dimana ada kord yang terlihat sepertinya tidak masuk didalam kunci atau scale harmoninya. Umumnya hal tersebut bisa dijelaskan dengan chromatic harmony, yaitu harmoni yang menjelaskan nada-nada yang tidak ditemukan pada diatonic scale. Chromatic harmony ini tidaklah harus terdengar tidak nyaman (dissonant) di telinga. Bahkan beberapa jenis musik yang umum seperti blues dan rock sebenarnya bergantung pada chromatic harmony untuk musiknya.
Natural Minor Scale & Relative Minor
Pada dasarnya, secara emosi kita bisa membagi kualitas didalam musik menjadi dua, yaitu major dan minor. Kualitas major seperti kita dengar pada tangga nada major, secara umum dapat dirasakan sebagai rasa senang atau gembira. Scale ini sering dipakai dalam banyak melodi didalam berbagai macam gaya musik. Sedangkan untuk kualitas minor biasanya dipersepsikan atau diimplementasikan untuk musik yang bernuasa sedih.
Hamony Minor & Parallel Key
harmony major adalah I, IImin, IIImin, IV, V, Vimin, VII*
harmony C major adalah C, Dmin, Emin, F, G, Amin, B*
harmony minor adalah Imin, II*, bIII, IVmin, Vmin, bIV, bVII
harmony A minor adalah Am, B*, C, Dm, Em, F, G
dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwasannya isi scale dan kord yang dihasilkan dari kedua buah harmony tersebut adalah sama, hanya saja berbeda nada dasarnya saja, sedangkan untuk sequence urutan nada dan kordnya juga tetap sama. Kedua buah harmony tersebut mempunyai key signature yang sama akan tetapi mempunyai tonic note yang berbeda. Hubungan lain yang juga sangat penting dari harmoni major dan minor adalah parallel keys. Hal ini dijelaskan antara kunci major dan minor yang mempunyai tonic note yang sama tetapi mempunyai key signature yang berbeda, kebalikan dari hal yang awal tadi. Misalnya C major dan C minor, Cmaj ada pada kunci C dan Cm ada pada kunci Eb. Walaupun parallel major dan minor scale terdengar sangat berbeda satu sama lain, kenyataanya bahwa keduanya berpusat pada nada tonic yang sama membuat keduanya mempunyai hubungan yang kuat dan sama.
Modal Interchange
pada dasarnya ada dua kualitas tonal dalam yaitu major dan minor. Pada teori musik klasik hal ini termasuk diatonic major dan minor scales dan semua harmony yang dihasilkannya (yang kita kenal dengan modes). Sebagian besar progresi kord yang ada dalam lagu pop bisa dianalisa sebagai progresi major atau minor atau bagian dalam progresi modes yang ada dalam harmony major. Akan tetapi ada juga sebagian yang tidak bisa dijelaskan dengan cara seperti itu, apakah itu bagian dari salah satu harmony major atau minor.
Harmony major adalah I, Iimin, IIImin, IV, V, Vimin, VII*
Harmony C major adalah C, Dm, Em, F, G, Am, B*
Parallel Minor adalah Cm, D*, Eb, Fm, Gm, Ab, Bb
Analisa Modal Interchange adalah Imin, II*, bIII, IVmin, Vmin, bIV, bVII
0 komentar:
Posting Komentar