Cara - Cara Setan la'natullah a'laih Menggoda Manusia

>> Senin, 02 Februari 2009

Ibn Al-Qayyim menyebutkan enam cara yang dilakukan oleh setan dalam menggoda manusia supaya tersesat.

1.Setan membujuk manusia agar mengingkari Allah SWT atau menyekutukan-NYA. Jika tidak berhasil, dia beralih pada cara yang kedua.

2.Setan membujuk manusia agar melakukan bid'ah yang sesat. Jika manusia berpegang teguh pada Sunnah, setan beralih pada cara yang ketiga.

3.Setan menggoda manusia untuk melakukan dosa-dosa besar. Jika manusia terjaga dari dosa besar, setan beralih pada cara yang keempat.

4.Setan menggoda manusia untuk melakukan dosa-dosa kecil. Jika manusia terhindar dari dosa kecil, misalnya segera bertobat ketika menyadari dosa kecil yang dilakukannya, setan segera beralih pada cara yang kelima.

5.Setan menggoda manusia dengan perbuatan-perbuatan yang tiada berguna. Manusia dibujuk untuk menghabiskan waktu dengan perbuatan yang sia-sia hingga meninggalkan kegiatan yang berguna.

6.Setan menggoda manusia agar sibuk dengan perkara-perkara yang baik tetapi mengabaikan perkara-perkara yang jauh lebih baik. Contohnya, seseorang disibukkan dengan ibadah-ibadah sunnah tetapi mengabaikan ibadah fardunya.

Godaan yang keenam sangat halus tetapi bahanya amat besar. Karena itu, itu harus dicermati. Hal ini bukan berarti bahwa kita sebaiknya meremehkan ibadah sunnah dan menganggapnya sebagai sesuatu yang dapat menghambat kemajuan Islam. Tetapi, hendaknya seseorang yang islami melaksanakan berbagai kegiatan keagamaanya secara total dan serius. Fardu dan Sunnah harus dikerjakan secara proporsional. Amalan lahir dan batin harus seimbang. Tidak dapat dibenarkan seseorang memerhatikan ibadah sunnahnya melebihi perhatiannya terhadap ibadah fardu.

0 komentar: